BERITA & KEGIATAN

  • blog post
  • blog post
  • blog post
  • blog post
  • blog post

Sosialisasi Penguatan Kehumasan di UPT BMKG Lampung yang diselenggarakan oleh Tim Humas BMKG Pusat telah dilaksanakan pada Rabu, 18 Oktober 2023 bertempat di Ruang Rapat Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung. Kegiatan ini melibatkan perwakilan generasi millenial dari masing-masing 4 UPT di BMKG Lampung. Generasi milenial dipilih karena generasi milenial berperan sebagai penggerak perubahan bangsa di masa depan dalam menghadapi tantangan di era digital.

Kegiatan diawali dengan pembukaan sambutan dari Kepala Koordinator BMKG Lampung, Bapak Nanang Buchori, S.P. Beliau menyampaikan sangat berterimakasih kepada Tim Humas BMKG Pusat yang menyempatkan datang ke Lampung untuk memberikan Sosialisasi Penguatan Kehumasan di UPT BMKG, mengingat bidang kehumasan memiliki peran penting bagi instansi manapun dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan pemaparan sosialisasi penguatan kehumasan, jurnalistik, dan sosial media oleh Tim BMKG Pusat.

Sosialisasi penguatan masyarakat disampaikan langsung oleh Koordinator Bagian Hubungan Masyarakat BMKG, Bapak A. Taufan Maulana, S.I.Kom, M.A. Bapak Taufan menyampaikan bahwa humas menjadi kunci penting dalam setiap organisasi / instansi. BMKG sebagai salah satu lembaga pemerintah yang memberikan informasi layanan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika juga perlu mengoptimalkan bidang kehumasan ini. Menurutnya, bidang kehumasan atau hubungan masyarakat mempunyai peran yang penting bagi setiap instansi dalam membangun interaksi dengan publik dan juga dapat membangun citra instansi itu sendiri.

Selain itu, beliau menekankan pada seluruh pegawai untuk memposisikan kita semua sebagai humas, yang perlu dapat menyampaikan informasi BMKG dengan baik kepada masyarakat sehingga dapat mudah diterima dan dipahami. Hal itu salah satunya dapat dicapai dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik dan mengoptimalkan sosial media yang dipunya dengan memberikan konten-konten yang menarik. "Content is The King, Packaging is The Queen. Isi konten adalah hal yang utama, namun pengemasan yang menarik juga menjadi peran penting", tambahnya.

Sementara itu, narasumber yang lainnya yaitu Ibu Dwi Rini Endra Sari atau kerap disapa Ibu Ririn dari Sub Koordinator Hubungan Pers dan Media BMKG, menyampaikan bahwa kita semua sebagai insan BMKG mempunyai tugas penting bagaimana dapat membahasakan informasi-informasi ilmiah BMKG sehingga dapat mudah diterima oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, penyampaian dalam bidang jurnalistik disertai dengan pemanfaatan berbagai sosial media yang baik menjadi peran yang penting dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

"Penyampaian berita dan informasi harus aktual, sehingga dapat menarik pembaca. Buatlah konten-konten yang menarik, relevan, dan tentunya tepat sasaran bagi masyarakat", ujar Bu Ririn. Bu Ririn juga menyampaikan bahwa konten-konten sosial media yang dibuat Tim Humas BMKG Pusat banyak terinspirasi dari mahasisa/i yang sedang magang di BMKG. Selain itu, juga sering berkoordinasi dan berkolaborasi dengan bidang yang lain khusunya generasi milenial sehingga banyak menghasilkan inspirasi yang baru. Beliau juga menyampaikan beberapa tips yang dapat meningkatkan engangement/interaksi dengan masyarakat di sosial media, antara lain : melakukan riset fenomena yang sedang tren, membuat konten dan desain yang menarik, ide-ide baru yang relevan dengan generasi milenial, serta terus membangun networking dimanapun.

Setelah kedua pemaparan materi dari Tim Humas BMKG selesai, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tanya-jawab dan sharing terkait kehumasan di UPT BMKG Lampung. Pegawai yang mengikuti kegiatan ini terlihat antusias dengan pertanyaan-pertanyaan yang menarik dan juga saran-saran kedepannya untuk kehumasan di BMKG Pusat maupun di UPT BMKG Lampung itu sendiri. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, semoga dapat menjadi pengantar bagi generasi milenial di UPT BMKG Lampung dalam menguatkan koordinasi dan kolaborasi antar-UPT, mengoptimalkan sosial media dengan mengemas konten-konten yang menarik, dan memotivasi dalam mencari ide-ide yang baru, sehingga dapat mengutkan kehumasan di UPT BMKG Lampung dan tercapainya penyebarluasan informasi BMKG yang mudah diterima oleh masyarakat Lampung.